Pengendalian Banjir

 

Pengendalian banjir merupakan bagian dari pengelolaan sumber daya air yang lebih spesifik untuk mengendalikan debit banjir umumnya melalui dam pengendali banjir, atau peningkatan sistem pembawa (sungai, drainase) dan pencegahan hal yang berpotensi merusak dengan cara mengelola tata guna lahan dan daerah banjir (flood plains). Perencanaan pengendalian banjir ini diutamakan untuk mengoptimalkan kapasitas saluran dan meminimalkan debit yang mengalir melalui sungai dan saluran sehingga air sungai tidak meluap di titik-titik yang rawan banjir dan debit yang keluar dilaut diharapkan tidak mengalami perubahan yang drastis.

Untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan dan kerugian akibat banjir dibutuhkan upaya pengendalian banjir yang dapat segera direalisasikan di lapangan, antara lain melalui penanganan jangka pendek dengan bangunan pengendali banjir atau pengendalian banjir secara struktural. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana mendapatkan upaya penanganan yang efektif dengan dampak negatif yang minimal terhadap kegiatan pemanfaatan sungai lainnya. 

Solusi yang bisa dilakukan adalah melalui kajian kondisi eksisting sungai dan karakteristik banjirnya untuk menentukan ruas  sungai yang rawan banjir guna penetapan prioritas penanganan dan kajian terhadap alternatif rencana pengendalian banjir yang ada untuk menentukan rencana yang optimal. Penentuan rencana yang optimal dilakukan berdasarkan kelayakan hidraulika, dalam hal ini keamanan dalam mengalirkan debit banjir rancangan yang terkait dengan profil muka air dan kecepatannya, serta dampak rencana penanganan tersebut terhadap kegiatan pemanfaatan sungai. 

Upaya pengendalian banjir dilakukan untuk mengurangi besarnya kerugian akibatbanjir, antara lain : pengendalian dengan bangunan (structural method) dan dengan pengaturan yang sifatnya tidak membuat bangunan fisik (non structural method). Pengendalian banjir secara struktural pada prinsipnya dilakukan dengan cara membangun struktur atau bangunan air yang dapat meningkatkan kapasitas pengaliran penampang sungai atau mengurangi debit banjir yang mengalir. Alternatif pengendalian banjir dipilih sesuai dengan situasi, kondisi dan kebijakan yang ada terutama menyangkut program penanganannya. Alternatif penanganan adalah mencegah meluapnya banjir sampai ketinggian tertentu dengan tanggul atau merendahkan elevasi muka air banjir dengan normalisasi atau sudetan.

No comments:
Write komentar