Fungsi dan Tanggung Jawab dalam Organisasi Proyek

 

 Project Manager
  1. Mengelola proyek secara keseluruhan.
  2. Membuat laporan kemajuan proyek untuk kepentingan Pemberi kerja maupun untuk kepentingan manajemen kontraktor. 
  3. Mengatur dan mengendalikan seluruh proses pekerjaan berkaitan dengan schedule maupun urutan kerja.
  4. Membuat identifikasi penyimpangan kemajuan proyek.
  5.  Membuat rencana tindak lanjut untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan kemajuan proyek.
  6. Menjaga keselarasan antar fungsi dalam organisasi proyek.
  7. Memastikan bahwa  pekerjaan dilaksanakan sesuai  dengan  standar  mutu  yang  telah ditetapkan.
Site Manager
  1. Mengelola aktivitas di lokasi pekerjaan berkaitan dengan aktivitas manpower, alat dan material.
  2.  Mengatur aktivitas di site sehingga berjalan sesuai dengan schedule maupun urutan kerja yang telah ditetapkan.
  3. Membuat identifikasi terjadinya potensi masalah di site.
  4. Membuat rencana penggunaan manpower, alat dan material di site.
  5. Memastikan bahwa  pekerjaan dilaksanakan sesuai  dengan  standar  mutu  yang  telah ditetapkan.
  6.  Membuat schedule & Kemajuan pekerjaan mingguan dan bulanan.
  7.  Membuat evaluasi kemajuan proyek & biaya.
  8. Membuat review schedule sesuai kondisi terkini.
Supervisor/Pelaksana Konstruksi
  1.  Mengelola aktivitas di setiap lokasi pekerjaan sesuai jenis pekerjaan yang ditangani.
  2. Mengelola aktivitas pekerjaan mandor dan supplier di lokasi kerja.
  3.  Mengatur penggunaan alat untuk bermacam aktivitas di lokasi yang berbeda.
  4. Membuat identifikasi terjadinya potensi masalah di site.
  5.  Membuat rencana penggunaan manpower, alat dan material di site.
  6. Memastikan bahwa  pekerjaan dilaksanakan sesuai  dengan  standar  mutu  yang  telah ditetapkan.
Site Engineer
  1. Memastikan bahwa semua gambar rencana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tersedia di site.
  2. Memastikan bahwa  semua gambar pelaksanaan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tersedia di site.
  3. Memastikan tersedianya daftar induk dokumen baik berupa gambar ataupun testing.
  4. Mengadakan pertemuan teknis dengan perwakilan konsultan atau pemberi kerja.
  5. Memastikan bahwa material yang dikirim ke site sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
  6. Memeriksa gambar akhir/as-build yang dibuat oleh drafter.
Juru Ukur
  1. Menentukan titik-titik batas area proyek dan penentuan koordinat.
  2.  Membaca gambar dan melihat bentuk dan ukuran breakwater untuk di aplikasikan di lapangan.
  3. Menentukan kedalaman elevasi galian, elevasi puncak breakwater dan patok untuk bowplank.
  4.  Pengecekan pemasangan pasangan batu dan pemasangan A-Jack.
  K3/Safety
  1. Membuat Job Safety Analysis.
  2. Memastikan bahwa pekerjaan di site dilakukan dengan menggunakan peralatan standar yang memenuhi persyaratan keselamatan.
  3. Memastikan bahwa pekerjaan di site dilakukan dengan menggunakan metode yang telah teruji dan memenuhi persyaratan keselamatan.
  4. Membuat laporan status keselamatan kerja.
 Juru Gambar
  1. Membuat gamba kerja yang diperlukan untuk membuat detail kerja yang dibutuhkan untuk suatu jenis pekerjaan tertentu yang belum tersedia. 
  2. Memberikan bantuan teknis baik kepada supervisor atau surveyor   maupun kepada mandor.
  3.  Menyesuaikan gambar rencana dengan kondisi aktual di lapangan.
  4.  Membuat gambar akhir/as-build pekerjaan
Staff Logistik (Material Control & Warehousing)
  1. Melakukan pemeriksaan dini untuk menemukan ketidaksesuaian terhadap gambar rencana dan gambar kerja.
  2.  Memastikan bahwa semua aktivitas telah diperiksa oleh konsultan atau Owner sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  3. Memastikan  tersedianya  dokumentasi  yang  diperlukan  dalam  rangka  serah  terima pekerjaan.
  4.  Membuat rencana inspeksi.
  5.  Melakukan inspeksi internal dan joint inspection.
  6.  Menyusun dokumen serah terima pekerjaan. 
  7. Membuat laporan serta memonitoring status alat & material.
Keuangan dan Personalia
  1.  Membuat rencana penggunaan tenaga kerja sesuai schedule yang ditetapkan.
  2. Membuat rencana arus kas internal dan external
  3.  Melakukan perekrutan pegawai lokal.
  4.  Membuat evaluasi bulanan kinerja pegawai.
  5. Membuat evaluasi penyimpangan biaya pelaksanaan.
  6.  Membuat rencana pembayaran di site.
  7.  Mengelola urusan umum site.


Sumber>>Berbagai sumber

No comments:
Write komentar