Penegertian Manajemen

 


Ilmu manajemen sebetulnya sama usianya dengan kehidupan manusia, mengapa demikian karena pada dasarnya manusia dalarn kehidupan sehari-harinya  tidak bisa terlepas  dari  prinsip-prinsip   manajemen.  Baik  langsung  maupun  tidak  langsung, baik di sadari ataupun tidak disadari manusia menggunakan prinsip-prinsip dari manajemen.  IImu manajemen  ilmiah timbul pada sekitar awal abad ke 20 di benua Eropa barat dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi yang dikenal dengan nama revolusi industri, yaitu perobahan-perobahan  dalam pengelolaan  produksi  yang  efektif  dan  efisien.  Hal  ini  dikarenakan   masyarakat sudah semakin  maju dan kebutuhan  manusia  sudah semakin  banyak  dan beragam jenisnya.

Sekarang  timbul  suatu pertanyaan  "Siapa  sajakah  yang  sebenarnya  memakai manajemen  ?" Apakah  hanya digunakan  di perusahaan  saja atau apakah  hanya di pemerintahan  saja. Manajemen  diperlukan dalam segala bidang, bentuk dan organ- isasi serta tipe kegiatan,  di mana orang-orang  saling bekerja  sama untuk mencapai suatu tujuan  yang  telah ditetapkan.

      Dalam  mengartikan  dan mendefinisikan  manajemen  ada berbagai  ragam,  ada yang  mengartikan   dengan  ketatalaksanaan,   manajemen,   manajemen  pengurusan dan  lain  sebagainya.   Bila  dilihat   dari  literatur-literatur    yang  ada,  pengertian manajemen  dapat  dilihat dari tiga pengertian: 
  1. manajemen  sebagai  suatu  proses.
  2.  manajemen  sebagai suatu  kolektivitas   manusia
  3.  manajemen  sebagai  i1mu (science)  dan sebagai  seni  (art).
Manajemen   sebagai   suatu  proses,   melihat  bagai  mana  cara  orang  untuk mencapai suatu  tujuan  yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai  suatu proses  dapat dilihat dari pengertian  menurut  :
  1. Encylopedia   of  The  Social  Science,  yaitu  suatu proses  dimana  pelaksanaan suatu tujuan  tertentu  dilaksanakan  dan diawasi.
  2. Haiman, manajemen  yaitu fungsi untuk mencapai  suatu tujuan melalui kegiat- an orang lain, mengawasi  usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan
  3. Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian  tujuan yang telah ditentukan  terlebih dahulu  dengan  melalui  kegiatan  orang  lain.

     



No comments:
Write komentar